Saturday, May 28, 2016

Rahasia Membuat tanaman cabe berbuah selebat - lebatnya.

Rahasia Membuat tanaman cabe berbuah selebat - lebatnya.




Tanaman cabe merupakan tanaman yang tumbuh dimana saja. tanaman ini tidak banyak tuntutan untuk tumbuh asalkan kita rajin menyediakan air pada areal pertamanannya, tapi selain itu masih rahasia - rahasia lain yang akan mempengaruhi lebatnya tanaman cabe yang akan anda tanamn tersebut dan pada artikel ini saya akan mengupasnya.

Rahasia bagaimana cara membuat tanaman cabe anda berbuah lebat dipengaruhi oleh beberap faktor.

1. Ketersediaan air dan unsur hara
berdasarkan pengalaman beberapa kali menindaklanjuti penyelamatan lahan cabe yang sudah kritis, persoalan utamanya kebanyak terletak pada air ketika tanaman cabe sudah memunculkan buah terkadang kita sudah percaya diri. padahal sesungguhnya pada saat itu cabe membutuhkan air yang cukup untuk melakukan pertumbuhan.

Demikian juga halnya dengan unsur hara tanahnya, banyak tertutupi oleh kadar kimia tersebut. oleh karena itu untuk membuat tanaman cabe berbuah lebat, sangat disarankan untuk mengelola tanah dan tanaman dengan cara organik, hanya dengan pupuk kompos maka tanaman akan tumbuh dengan baik, selain itu untuk mendapatkan pupuk kompos berkualitas juga paking mudah bahkan dengan limbah rumah tangga pun anda sudah bisa menciptakan pupuk kompos berkualitas tinggi.

2. Jangan menggunakan pestisida kimia.
Pestisida kimia sebenarnya tidak membasmi serangga hama karena sesunggunya pestisida kimia hanyalah menciptakan bentuk pertahanan baru bagi hama serangga. bahkan pestisida kimia juga mempercepat terjadinya pembuahan pada telur serangga hama,anda bisa membuat pestisida nabati dengan cara yang sederhana dan mudah, bahan - bahan nya juga cukup tersedia disekitar lingkungan.

dengan memanfaatkan daun - daun tanaman yang biasanya banyak tumbuh disekitar lingkungan anda juga bisa membuat pestisida nabati yang ampuh dan ramah trerhadap lingkungan. pestisida nabati khusus untuk membasmi serangga penghisap.

3. Penyiangan tanaman cabe.

Pada tanaman cabe sangat perlu sekali dilakukan penyiangan, namun penyiangan disini maksudnya tidak membasmi gulma secara keseluruhan karena gulma juga berperan besar dalam metode pengendalian hama secara hayati pada areal pertanaman cabe, penyiangan yang paling utama diperhatikan adalah pada perkaranga ndan batang cabe, gulma yang tumbuh dekat perakaran cabe perlu dicabut, kemudian perhatikan daun - daun yang sudah kering dan mati pada bagian pangkal batang, jika terdapat daun - daun yang sudah mati dipangkas saja, demikian juga dengan tunas yang tidak penting sebaiknya dipangkas saja, hal ini karena yang kita fokuskan pada tanaman cabe adalah rimbunnya buah maka dari itu pemangkasan penting dilakukan.

Selain pemangkasan yang perlu diperhatikan lagi adalah memangkas buah dan daun yang terserang penyakit seperti klorosis pada daun busuk bua atau atraknosa pada buah.

Ketiga pokok diatas adalah rahasia suksesnya jika anda menginginkan tanaman cabe anda berbuah rimbun lebat, buah cabe yang lebat menghasilkan produksi buah yang banyak dan harganya juga tinggi sehingga menguntungkan bagi petani cabe.

No comments:

Post a Comment