Sunday, May 29, 2016

4 Tips Budidaya Bawang Merah agar panen melimpah



Bawang Merah adalah salah satu bumbu utama dalam masyarakat indonesia. tanaman ini sangat penting dan seolah harus selalu ada ketika akan memasak didapur.

Harganya yang lumayan mahal dipasaran juga sebenarnya adalah tanda bahwa tanaman ini layak untuk di budidayakan.

Sebenarnya budidaya pada tanaman ini tidak terlalu susah. Jika anda tertarik untuk melakukan budidaya pada tanaman ini maka ikutilah cara - cara di bawah ini
1, Persiapkan media tanamnya
media yang dibutuhkan adalah tanah yang gembur, pupuk kandang atau kompos dan arang sekam dengan perbandingan satu banding saru pada setiap elemennya, lalu anda juga membutuhkan pupuk SP -36 sebanyak 3 gram untuk setiap polybagnya dan ditambahkan dengan satu sendok kecil furadan setelah tercampur masukkan kedalam polybag dan siram dengan air dan biarkan selama dua hari. Polybag yang biasa di gunakan adalah polybag dengan ukuran 30 x 40 cm.



2. Pemahaman dan pemupukan
Yang harus anda lakukan selanjutnya adalah tentu saja menanamnya, bibit yang ditanam pada setiap polybagnya sekitar 3 umbi dan jaraknya sekitar 5 cm per umbinya, tanam umbi hingga bagian leher.

Pemupukan yang perlu dilakukan ketika umbi telah ditanam adalah pemupukan denghan menggunakan pupuk NPK(16-16-16) Sebangak 1 gram per polybagnya yang diberikan setiap minggu hingga bawang berusia 6 minggu dengan cara disiram,Tempatkan polybag anda pada tempat yang terkena cukup sinar matahari.

3. Pemeliharaan
Untuk pemeliharaannya anda cukup menyiramnya satu atau dua kali sehari pada musim kemarau, yang perlu anda perhatikan, tanaman bawang tidak bisa hidup jika kekeringan dan juga tidak bisa jika tergenang,

anda bisa memerinya pestisida nabati untuk mencegah hama jika bawang sudah berusia sekitar 2 bulan, jangan terlalu sering menyiram agar bawang cepat tua dan berisi.

4 Pemanenan
Pemanenan dapat dilakukan jika daun telah 80% menguning dan leher batang telah gembos, dan umbi sudah menyembul ke permukaan tanah serta berwarna merah, jika ingin dikonsumsi bawang merah dapat dipanen pada usia 3 bulan. dan jika dijadikan benih lagi bawang merah bisa dipanen pada usia 100 hari, anda sebaiknya memanen bawang pada saat hari panas sehingga tanah menjadi kering dan bawang tidak mudah busuk setelah dipanen. Jemur dahulu bawang pada sinar matahari agar menjadi kering maka nilai jual akan semakin tinggi.

No comments:

Post a Comment