Saturday, May 28, 2016

Mengolah Pupuk Kompos dari limbah Rumah Tangga

Mengolah Pupuk Kompos dari limbah Rumah Tangga



Limbah tidak hanya dihasilkan oleh industri skala besar, rumah - rumah penduduk juga mengasilkan limbah pengelolaan limbah tidak pula harus yang dihasilkan oleh sebuah industri pabrik, limbah rumah tangga juga bisa dimanfaatkan namun utnuk limbah yang satu ini jarang sekali orang memanfaatkannya apalagi membuatnya menjadi kompos.

hal pertama yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kompos adalah limbah rumah tangga yang akan di olah tersebut bersifat organik., seperti sisa sayuran, kilit buah - buahan, kayu  dan lain sebagainya, limbah yang tidak bisa terurai seperti sampah plastik atau sisa - sisa pekerjaan besi atau aluminium bisa dijual kepada Pengepul limbah non organik.

Cara memanfaatkan limbah rumah tangga ini tergolong sangat mudah, ketika limbah rumah tangga sudah menjadi kompos salah satu manfaat yang bisa kita petik adalah dengan kompos yang berasal dari limbah rumah tangga anda tidak perlu repot membeli pupuk untuk tanaman anda selain itu jika jumlah produksinya sudah banyak kompos tersebut bisa pula dimanfaatkan sebagai pupuk kebun, hasilnya sangat banyak dan ramah lingkungan.

Cara mengolah pupuk kompos:

1. sediakan limbah rumah tangga anda seperti sisa - sisa potongan sayur , cabai , bawang dan sebagainya kemudian kulit buah - buahan sisa - sisa masakan dan barang sisa lainnya yang bisa terurai seperti potongan kayu kertas dan lin - lain.

2. semua sisa tersebut dikumpulkan jika anda merasa kurang banyak anda boleh mengumpulkannya dalam waktu seminggu, intinya sesuai dengan banyaknya limbah rumah tangga yang anda hasilkan.

3 setelah semua sisa tersebut dikumpulkan menjadi satu, buatlah lubang seukuran 4 x 5 m dipekarangan belakang rumah anda atau ditempat khusus yang sudah anda sediakan.

4 masukkan sema limbah syang sudah anda kumpulkan kedalam lubang tersebut.

5. jika anda ingin limbah rumah tangga anda ceoat menjadi kompos, anda bisa manambahkan senyawa kimia seperti EM4 atau senyawa herbafarm yang sifatnya menguraikan dengan cepat, tapi jika anda ingin hasilnya benar - benar alami jangan berikan campuran apapun didalam lubang komposnya.

6 Setelah semua limbah rumah tangga dimasukkan kedalam lubang yang sudah disediakan tadi, tutup lubang tersebut dengan tanah, lamanya penutupan lubang tergantung pula pada perlakuan anda pada nomor 5 di atas, jika anda menggunakan senyawa kimia sebagai pengurai waktu yang anda butuhkan lebih kurang dua sampai tiga minggu, jika perlakuan kompos anda tanpa campuran kimia pengurai, maka anda membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama yakni 3 sampai 4 bulan.

setelah anda yakin limbah rumah tangga sudah terurai dalam lubang, anda tinggal menggalinya kembali kemudian masukkan kedalam karung atau wadah yang sudah anda persiapkan.

No comments:

Post a Comment